Tips dan Trik Lengkap Menjadi Seorang Dropshiper Sukses

Tips dan Trik Lengkap Menjadi Seorang Dropshiper Sukses
March 10, 2021 0 Comments

Berita Terbaru Bisnis – Dropshipper merupakan sebutan bagi para pemain dropship, dropshipping sendiri merupakan salah satu metode pemasaran yang sering digunakan para pebisnis tanpa perlu membuat produk atau berinvestasi dalam membeli barang. Secara teknis bisnis dropshipping hampir sama dengan reseller, begitu juga dengan dropship di Tokopedia, hanya saja kamu tidak perlu stok produk untuk bisa berjualan. Salah satu keunggulan dropshipper yang paling mencolok adalah terkait dengan fleksibilitas manajemen. Karena tidak harus mengandalkan jam kerja kantor dan bisa dikelola dari rumah hanya dengan smartphone.

Tips dan Trik Lengkap Menjadi Seorang Dropshiper Sukses

Dengan menggunakan metode dropshipping, Anda juga terbebas dari biaya sewa toko, modal awal untuk membayar stok barang, dan risiko kerusakan akibat penyimpanan produk yang tidak laku di pasaran. Bahkan, Anda bahkan dapat menawarkan produk kepada calon pelanggan meskipun produk tersebut belum ada di tangan. Kemudian setelah deal dan pembeli mengkonfirmasi pembayaran baru, Anda meneruskan pesanan ke pemasok.

Jika Anda tertarik menekuni aktivitas dropshipping, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan riset produk dan persaingan dari pasar yang ingin Anda targetkan. Kemudian setelah itu anda perlu menentukan modal awal sebagai dana talangan, dimana nilainya tergantung dari jenis produk yang di jual. Sedangkan biaya promosi dan kebutuhan operasional lainnya bisa jadi pertimbangan seiring berjalannya waktu. Di sini kami akan memberi Anda tips hebat untuk menjadi dropshiper yang sukses.

  • Pilih item dari penjual terpercaya

Kriteria pemilihan supplier yang baik dapat dilihat dari beberapa komponen, seperti kecepatan respon pelanggan, jarak antara toko dengan lokasi tempat tinggal kita, dan rekam jejak penjual. Jangan hanya mengambil patokan dari harga murah yang ditawarkan, tapi perhatikan juga poin-poin di atas agar bisnis Dropshipper kita bisa lestari dalam waktu yang lama.

  • Hindari Menjual Produk Musiman

Sebenarnya tidak masalah jika Anda ingin menjadi dropshipper yang menjual produk musiman. Namun, metode ini agak kurang menguntungkan bagi pemain dropshipping jangka panjang yang mengincar untung stabil sebagai penghasilan sampingan.

  • Utamakan Memilih Produk Yang Tidak Mudah Rusak

Sebagai penjual, dropshipper juga akan menangani pengembalian atau pengembalian produk. Agar tidak terlalu repot dan memakan banyak waktu, pilihlah produk yang tidak mudah rusak, hal ini juga bisa dijadikan langkah antisipasi jika supplier tidak menerima retur produk dalam kebijakan penjualan barang.

  • Ambil Barang Dari Pemasok Tangan Pertama

Tahukah Anda bahwa sebagian besar pemain pemula di bisnis dropshipping saat ini masih mengambil produk dari pihak ketiga? Ya, tidak banyak yang tertarik melihat peluang ini, namun jika Anda bisa mendapatkan kontak pemasok secara langsung, potensi keuntungan dari bisnis drpship Anda akan meningkat.

  • Pilih Suplaiyer Yang Cekatan

Dalam bisnis pengiriman barang, kecepatan adalah kunci dasar yang dapat membuat toko Anda menonjol dari persaingan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu menguji kinerja penjual dengan melakukan trial order. Jika mereka tidak dapat memenuhi ekspektasi Anda dalam hal kecepatan, lebih baik tidak melanjutkan dan mencari pemasok lain yang lebih berkomitmen pada kecepatan pengiriman.

  • Perlakukan Pelanggan Seperti Raja

Bukan rahasia lagi bahwa perlakuan penjual terhadap konsumen merupakan tolak ukur paling dasar dalam kelangsungan bisnis suatu perusahaan. Begitu juga di bidang dropshipping, meski secara teori kamu hanya perorangan dan tetap membantu menjual produk orang, kamu harus tetap ramah dan menghargai setiap pertanyaan yang diajukan calon pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *